Thursday, December 25, 2014

Build & Debug in Visual Studio

Tulisan dibuat untuk pengguna Ms. Visual Studio, terutama bagi programmer C#.
"The breakpoint will not currently be hit. The source code is different from the original version."
adalah pesan yang saya dapatkan ketika ingin melakukan debug pada source code saya di Visual Studio. 

Beberapa hari yang lalu, saya melakukan perubahan pada source code salah satu project dikarenakan ada penambahan yang harus saya lakukan. Karena penambahan tersebut bukan sesuatu yang sulit, saya tidak melakukan pengecekan/pengetesan terlebih dahulu. Dengan PD (Percaya Diri) saya build menjadi aplikasi untuk diupdate di tempat Client.

Namun ketika sudah saya update aplikasi di Client, ternyata versi aplikasi tersebut bukan versi yang baru, namun versi yang lama. Intinya penambahan yang saya lakukan tidak ter-compile.

Saya coba lakukan debug, ternyata muncul warning seperti tulisan merah di atas. Dan setiap saya trace, ternyata memang perubahan code yang saya lakukan tidak diproses, dilewat begitu saja.

Bagi kalian yang mengalami hal yang sama, jangan panik. Karena hal tersebut ada solusinya.

Solusi
Clean Solution pada Solution Explorer
Clean Solution pada Solution Explorer
  1. Buka bagian Solution Explorer
  2. Klik Kanan dan lakukan Clean Solution
Dengan 2 langkah di atas, Anda sudah bisa melakukan tracing/debug kembali dan dapat build aplikasi dengan versi terakhir.



No comments:

Post a Comment